Rabu, 21 Maret 2012

Serangga Tomcat

11 komentar
ini sobat biar waspada dengan serangga tomcat, tapi postingan ini di ambil dari blog nya orang gpp dech
ya ...!! yang penting bisa peringatin sobat aja, soalnya penyakit tomcat ini sudah menyebar di kota surabaya,
jadi misalkan sobat ketemu dengan serangga tomcat bisa waspada, segitu aja dech sobat bicara saya, sekarang semak yah ...!!

 

Tomcat adalah serangga yang cukup beracun. Serangga ini hidup di daerah yang lembab. Selama ada pepohonan, tambak dan semak-semak, tomcat bisa hidup di sana. Racun yang terdapat pada serangga ini bisa menimbulkan efek yang cukup menyakitkan di kulit meskipun tidak mematikan.
Ada fakta unik seputar serangga Tomcat, kumbang genus Paederus yang baru-baru ini menyerang warga Surabaya, mengakibatkan warge mengalami dermatitis.Pakar serangga dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Haris Sutrsino, mengatakan, “Serangga ini sebenarnya terbang dengan cara yang unik. Terbangnya vertikal.”Tak seperti serangga umumnya yang terbang dalam posisi tubuh horisontal, serangga ini terbang dengan tubuh tegak. Alhasil, kepala serangga ini pun menghadap ke atas saat terbang.
Menurut Hari, cara terbang serangga yang termasuk dalam ordo Coleoptera ini bisa jadi merupakan akibat dari karakteristik sayap yang dimiliki.
“Biasanya sayap serangga menutupi seluruh bagian tubuh. Tapi sayap serangga ini tidak. Mungkin karena sayap tersebut cara terbang serangga ini berbeda,” papar Hari.
Hari mengatakan, kumbang Paederus sebenarnya merupakan serangga yang menguntungkan bagi petani. Paederus adalah predator bagi hama seperti wereng.Jika serangga ini sampai menyerang manusia, seperti yang terjadi di Surabaya, maka sebenarnya serangga hanya bermaksud melindungi diri. Kemungkinan ada aktivitas manusia yang mengganggu.Di kawasan perkotaan, serangga jenis ini bisa hidup di kawasan taman kota. Biasnya, serangga ini memakan telur serangga pemakan daun yang terdapat di habitatnya.
Pada masyarakat yang terkena serangan serangga ini, Hari mengimbau agar tak panik. Cukup mencuci dengan air sabun dan melakukan pengobatan, misalnya dengan salep Acyclovir 5 persen.

Simak baik-baik ciri-ciri penyakit tomcat beserta cara mengatasinya berikut ini: Ciri-ciri kulit yang terkena gigitan Tomcat:
  • Timbul warna kemerah-merahan pada kulit
  • Kulit akan terasa gatal
  • Terjadi iritasi atau peradangan pada kulit
  • Kulit akan tampak melepuh akibat adanya iritasi
Apabila parah, maka akan timbul nanah pada kulit Untuk mengatasinya, berikut menyiapkan caranya untuk mengatasinya:
  • Hindari kontak langsung dengan hewan ini. Kontak langsung dengan hewan ini sama saja dengan menempelkan kulit pada racun. Biasanya kulit akan terasa panas disusul dengan munculnya bintik-bintik gatal, berair dan juga bekas hitam di kulit. Bila kamu ingin menyingkirkannya, gunakan kertas atau meniupnya, jangan langsung memegangnya dengan tangan.
  • Bilas dengan air mengalir dan sabun jike bersentuhan Segera letakkan kulit yang kontak dengan tomcat di bawah kran air dan cuci bersih menggunakan sabun. Jika terasa seperti luka bakar, segera kompres kulit dengan antiseptik dingin dan pastikan serangga tomcat sudah tidak ada lagi.
  • Pasang kasa nyamuk dan juga tutup jendela dan pintu Untuk mencegah masuknya kumbang ini, pastikan tidak ada celah baginya. Apalagi jika daerah kamu memiliki riwayat wabah tomcat.
  • Jangan menggosok kulit atau mata jika bersentuhan dengan tomcat Racun yang ada pada kulitnya bisa menginfeksi daerah lain yang kamu sentuh. Cuci bersih tangan kamu sebelum menyentuh bagian tubuh yang lain.
  • Pastikan kebersihan lingkungan rumah Buang tanaman yang tidak terawat dan pastikan kebersihan taman kamu sehingga hewan ini tidak akan bersarang di sana. Inilah cara-cara yang ampuh untuk menanggulangi penyakit tomcat. Mencegah lebih baik dari pada mengobati oleh karena itu pastikan rumah kamu bersih dan nyaman sehingga kamu terganggu dari gangguan tomcat. Meskipun serangga ini berguna bagi petani, kita juga harus tetap waspada.
 Berikut screenshot korban serangan serangga TomCat :





di ambil dari blog.ub

11 komentar:

  1. si tomcat kecil2 tapi mengerikan...
    makasi infonya..
    ockta namanya mirip2 tomcat..hehe*becanda..

    BalasHapus
  2. ternyata ya, kecil2 berbahaya, hihihi ^^

    BalasHapus
  3. Catatan_Su # okok
    wah ngejek ini hahaha

    Stupid monkey # hahahha iya ,mangkanya kita jangan ngremehkan yang kecil"

    BalasHapus
  4. aaaaaaahhhhh ngeri liat foto korban si tomcat. itu kalo cewe kan nanti bekasnya susah ilangnya -____-

    BalasHapus
  5. hahhay iya
    mangkanya hati" yah

    BalasHapus
  6. yaa ampuun itu gambar tomcat's effectnya serem amat..! hiiiii
    hush hushh *usir tomcat*

    BalasHapus
  7. iyyaa.. utnungnya sampai saat ini aku belum pernah bertemu hewan kecil yang jadi trending topik itu. moga2 aja gak bakal ketemu. amiiinn
    ohya bannernya sudah aku pasang. monggo linknya dipasang juga d blogku :)
    salam kenal yaa ^^

    BalasHapus
  8. walau kecil tapi bahaya ya
    ya Allah..

    BalasHapus

 
ockta | © 2011 Design by DheTemplate.com and Theme 2 Blog

Find more free Blogger templates at DheTemplate.com - Daily Updates Free Blogger Templates